kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 10:29-42 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. 10:30 Aku dan Bapa adalah satu." 10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. 10:32 Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?" 10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." 10:34 Kata Yesus kepada mereka: "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: Kamu adalah allah? 10:35 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut allah -- sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan --, 10:36 masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah? 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku, 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa." 10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Yesus di seberang sungai Yordan
10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu, lalu Ia tinggal di situ. 10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata: "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar." 10:42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yordan the river that flows from Lake Galilee to the Dead Sea,a river that begins at Mt. Hermon, flows south through Lake Galilee and on to its end at the Dead Sea 175 km away (by air)


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yohanes, Injil | Gembala | Bapa | Kuasa Kristus | Kristus, Allah | Tidak Percaya | Mulia, Kemulian Kristus | Pelihara, Pemeliharaan | Hujat, Penghujatan | Buat, Perbuatan Baik | Yudaisme | Anak ...; Gelar untuk Yesus | Yordan | Esa Keesaan Allah | Hidup Kekal | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 10:34 - KAMU ADALAH ALLAH? Nas : Yoh 10:34 Pernyataan Yesus ini bagaimanapun juga tidak mengajar bahwa orang percaya harus menganggap dirinya allah. Justru sebaliknya, mereka...

Nas : Yoh 10:34

Pernyataan Yesus ini bagaimanapun juga tidak mengajar bahwa orang percaya harus menganggap dirinya allah. Justru sebaliknya, mereka yang menyatakan dirinya allah akan dihukum Allah (Yer 10:11).

  1. 1) Istilah "kamu adalah 'allah' " ini diucapkan Yesus kepada para pemimpin Israel yang tidak benar karena membela orang fasik serta kejam terhadap anak-anak (Mazm 82:1-4). Para pemimpin ini yang menganggap dirinya allah, akan menerima hukuman dan binasa (Mazm 82:7;

    lihat cat. --> Mazm 82:6).

    [atau ref. Mazm 82:6]

  2. 2) Menyatakan diri sebagai allah adalah dosa antikristus (2Tes 2:4,11;

    lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

BIS: Yoh 10:29 - Bapa-Ku, yang sudah memberikan mereka kepada-Ku, melebihi Bapa-Ku, yang sudah memberikan mereka kepada-Ku, melebihi: beberapa naskah kuno: Apa yang diberikan Bapa-Ku kepada-Ku melebihi.

Bapa-Ku, yang sudah memberikan mereka kepada-Ku, melebihi: beberapa naskah kuno: Apa yang diberikan Bapa-Ku kepada-Ku melebihi.

Jerusalem: Yoh 10:29 - Bapaku...dari pada siapapun Var: Bapaku, apa yang Ia berikan kepadaku lebih besar dari pada segala sesuatunya

Var: Bapaku, apa yang Ia berikan kepadaku lebih besar dari pada segala sesuatunya

Jerusalem: Yoh 10:29 - merebut mereka Var: merebut apapun.

Var: merebut apapun.

Jerusalem: Yoh 10:30 - -- Menurut konteksnya keterangan itu pertama-tama mengenai kekuasaan yang sama pada Bapa dan Anak. Tetapi keterangan itu kurang menentu dan kiranya disen...

Menurut konteksnya keterangan itu pertama-tama mengenai kekuasaan yang sama pada Bapa dan Anak. Tetapi keterangan itu kurang menentu dan kiranya disengaja. Maka melalui keterangan itu orang dapat melihat suatu kesatuan lebih luas dan lebih mendalam. Orang-orang Yahudi tidak keliru dengan mengertinya sebagai keterangan bahwa Yesus adalah Allah, Yoh 10:33. Bdk Yoh 1:1; 8:16,29; 10:38; 14:9-10; 17:11,21 dan Yoh 2:11+.

Jerusalem: Yoh 10:34 - kamu adalah allah Perkataan itu tertuju kepada para hakim yang disebut "ilah" secara kiasan karena jabatannya. Sebab memanglah "penghakiman berasal dari Allah", Ula 1:1...

Perkataan itu tertuju kepada para hakim yang disebut "ilah" secara kiasan karena jabatannya. Sebab memanglah "penghakiman berasal dari Allah", Ula 1:17; 19:17; Kel 21:6; Maz 58. Dengan sebuah argumentasi "a fortiori", sebagaimana lazim di kalangan para rabi, Yesus mengambil kesimpulan: jangan berteriak: Hojat, mana kala Yang Kudus dari Allah dan UtusanNya menyebut diriNya Anak Allah. Selanjutnya nasib Yesus terkait (bdk Yoh 19:7) pada gelar "Anak Allah" itu, Yoh 10:36; bdk Yoh 5:25; 11:4,27; 20:17,31. Lihat Mat 4:3+.

Jerusalem: Yoh 10:39 - Sekali lagi Sejumlah naskah tidak memuat kata ini.

Sejumlah naskah tidak memuat kata ini.

Ende: Yoh 10:34 - Hukummu Jang dimaksudkan ialah seluruh Kitab Kudus P.L.

Jang dimaksudkan ialah seluruh Kitab Kudus P.L.

Ende: Yoh 10:34 - Ilah Istilah bahasa Arab ini berarti: orang-orang jang dianggap Allah atau jang dihormati sebagai Allah. Sering artinja sama dengan dewa, tetapi disini tid...

Istilah bahasa Arab ini berarti: orang-orang jang dianggap Allah atau jang dihormati sebagai Allah. Sering artinja sama dengan dewa, tetapi disini tidak. Disini dimaksudkan orang jang mempunjai suatu kekuasaan Ilahi jang diberikan kepada mereka oleh Allah. Istilah itu misalnja terdapat dalam Maz 58:1. Dalam "Kitab Mazmur" kita diterdjemahkan, atau lebih tepat disadur dengan "kaum penguasa". Baik disini maupun ditempat-tempat jang lain para hakimpun disebut "ilah" dalam tanggapan, bahwa mereka berbitjara dan mengambil keputusan-keputusan atas nama Allah, seolah-olah Allah sendiri berbitjara dan bertindak dalam mereka.

Ref. Silang FULL: Yoh 10:29 - mereka kepada-Ku // pada siapapun · mereka kepada-Ku: Yoh 17:2,6,24 · pada siapapun: Yoh 14:28

· mereka kepada-Ku: Yoh 17:2,6,24

· pada siapapun: Yoh 14:28

Ref. Silang FULL: Yoh 10:30 - adalah satu · adalah satu: Ul 6:4; Yoh 17:21-23

· adalah satu: Ul 6:4; Yoh 17:21-23

Ref. Silang FULL: Yoh 10:31 - melempari Yesus · melempari Yesus: Yoh 8:59; Yoh 8:59

· melempari Yesus: Yoh 8:59; [Lihat FULL. Yoh 8:59]

Ref. Silang FULL: Yoh 10:33 - dengan Allah · dengan Allah: Im 24:16; Mat 26:63-66; Yoh 5:18

· dengan Allah: Im 24:16; Mat 26:63-66; Yoh 5:18

Ref. Silang FULL: Yoh 10:34 - kitab Taurat // adalah allah · kitab Taurat: Yoh 8:17; 12:34; 15:25; Rom 3:19; 1Kor 14:21 · adalah allah: Mazm 82:6

· kitab Taurat: Yoh 8:17; 12:34; 15:25; Rom 3:19; 1Kor 14:21

· adalah allah: Mazm 82:6

Ref. Silang FULL: Yoh 10:35 - siapa firman // dapat dibatalkan · siapa firman: Ibr 4:12; Ibr 4:12 · dapat dibatalkan: Mat 5:18; Mat 5:18

· siapa firman: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

· dapat dibatalkan: Mat 5:18; [Lihat FULL. Mat 5:18]

Ref. Silang FULL: Yoh 10:36 - yang dikuduskan // - // dalam dunia // Anak Allah · yang dikuduskan: Yer 1:5; Yoh 6:69 · -: Yer 1:5; Yoh 6:69 · dalam dunia: Yoh 3:17; Yoh 3:17 · Anak Allah: Yoh 5:17,18

· yang dikuduskan: Yer 1:5; Yoh 6:69

· -: Yer 1:5; Yoh 6:69

· dalam dunia: Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]

· Anak Allah: Yoh 5:17,18

Ref. Silang FULL: Yoh 10:37 - melakukan pekerjaan-pekerjaan · melakukan pekerjaan-pekerjaan: Yoh 10:25

· melakukan pekerjaan-pekerjaan: Yoh 10:25

Ref. Silang FULL: Yoh 10:38 - dalam Bapa · dalam Bapa: Yoh 14:10,11,20; 17:21

· dalam Bapa: Yoh 14:10,11,20; 17:21

Ref. Silang FULL: Yoh 10:39 - menangkap Dia // tangan mereka · menangkap Dia: Yoh 7:30 · tangan mereka: Luk 4:30; Yoh 8:59

· menangkap Dia: Yoh 7:30

· tangan mereka: Luk 4:30; Yoh 8:59

Ref. Silang FULL: Yoh 10:40 - seberang Yordan · seberang Yordan: Yoh 1:28

· seberang Yordan: Yoh 1:28

Ref. Silang FULL: Yoh 10:41 - satu tandapun // adalah benar · satu tandapun: Yoh 2:11; Yoh 2:11 · adalah benar: Yoh 1:26,27,30,34

· satu tandapun: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

· adalah benar: Yoh 1:26,27,30,34

Ref. Silang FULL: Yoh 10:42 - percaya kepada-Nya · percaya kepada-Nya: Yoh 7:31; Yoh 7:31

· percaya kepada-Nya: Yoh 7:31; [Lihat FULL. Yoh 7:31]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 10:29 - -- 10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.819 Ayat ...

10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.819

Ayat ini menegaskan hubungan kerja antara Bapa dan Anak, suatu hubungan yang diuraikan dalam pasal 6:37-40. Kesatuan antara Anak dan Bapa, dan kemuliaan Allah Bapa menjadi bukti bahwa Tuhan Yesus tidak akan gagal melindungi domba-domba-Nya. Kita aman.

Kesatuan tersebut diringkaskan dalam ayat berikut.

Hagelberg: Yoh 10:22-30 - -- a. Yesus adalah Mesias (10:22-30)

a. Yesus adalah Mesias (10:22-30)

Hagelberg: Yoh 10:29 - -- 10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.819 Ayat ...

10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.819

Ayat ini menegaskan hubungan kerja antara Bapa dan Anak, suatu hubungan yang diuraikan dalam pasal 6:37-40. Kesatuan antara Anak dan Bapa, dan kemuliaan Allah Bapa menjadi bukti bahwa Tuhan Yesus tidak akan gagal melindungi domba-domba-Nya. Kita aman.

Kesatuan tersebut diringkaskan dalam ayat berikut.

Hagelberg: Yoh 10:22-39 - -- 4. Di hari raya Pentahbisan Bait Allah: klaim-klaim Mesiani dan oposisi yang nyata (10:22-39) Percakapan ini, yaitu antara Tuhan Yesus dan orang banya...

4. Di hari raya Pentahbisan Bait Allah: klaim-klaim Mesiani dan oposisi yang nyata (10:22-39)

Percakapan ini, yaitu antara Tuhan Yesus dan orang banyak, merupakan percakapan yang terakhir dengan orang banyak dalam Injil Yohanes. Dalam percakapan ini tema-tema yang telah dikemukakan dan dikembangkan (domba, suara gembala, iman karena mukjizat, hidup yang kekal, hubungan Tuhan Yesus dengan Bapa-Nya) dipakai dengan arti yang jelas, sehingga mereka terpaksa mengambil sikap terhadap Dia. Setelah percakapan ini, tinggal satu mukjizat lagi (kebangkitan Lazarus) untuk meyakinkan mereka bahwa Yesuslah Mesias yang mempunyai hubungan yang unik dengan Allah Bapa. Setelah peristiwa itu, Tuhan Yesus tidak ada urusan lagi dengan orang banyak dalam Injil Yohanes.

Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)

D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 10:30 - -- 10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821." Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Merek...

10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821."

Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Mereka memiliki kesatuan dalam tujuan dan pekerjaan, suatu kesatuan yang unik. Memang menurut pasal 17:22 orang percaya dapat memiliki kesatuan yang mirip, tetapi dalam konteks Injil Yohanes (misalnya pasal 1:1, 18; 8:58; 12:41; dan 20:28) kesatuan yang dimiliki Anak dan Bapa pasti lebih mendasar daripada kesatuan antara orang-orang percaya.822 Tuhan Yesus tidak hanya berkata bahwa Dia dan Allah Bapa mempunyai kesatuan dalam hal tujuan. Dia berkata bahwa mereka memiliki kesatuan dalam hakikat. Tanggapan orang-orang Yahudi dalam ayat berikut mendukung pengertian ini.

Hagelberg: Yoh 10:30 - -- 10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821." Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Merek...

10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821."

Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Mereka memiliki kesatuan dalam tujuan dan pekerjaan, suatu kesatuan yang unik. Memang menurut pasal 17:22 orang percaya dapat memiliki kesatuan yang mirip, tetapi dalam konteks Injil Yohanes (misalnya pasal 1:1, 18; 8:58; 12:41; dan 20:28) kesatuan yang dimiliki Anak dan Bapa pasti lebih mendasar daripada kesatuan antara orang-orang percaya.822 Tuhan Yesus tidak hanya berkata bahwa Dia dan Allah Bapa mempunyai kesatuan dalam hal tujuan. Dia berkata bahwa mereka memiliki kesatuan dalam hakikat. Tanggapan orang-orang Yahudi dalam ayat berikut mendukung pengertian ini.

Hagelberg: Yoh 10:31 - -- 10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 m...

10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.

Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 mereka "mengambil batu untuk melempari Dia". Dalam ketiga peristiwa itu mereka hendak membunuh Dia karena Dia mengklaim kesatuan dengan Allah. Mereka mau menuruti Imamat 24:16, yang berkata, "Siapa yang menghujat nama TUHAN, pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu...." Peraturan yang ada dalam Perjanjian Lama menuntut proses hukum, tetapi pemerintah Roma tidak mengijinkan pemimpin agama Yahudi untuk menjalankan hukuman mati (pasal 18:31). Oleh karena proses hukum yang sah tidak dapat berjalan, mereka mau melontari Dia dengan batu segera.

Hagelberg: Yoh 10:31-39 - -- b. Yesus adalah Anak Allah (10:31-39)

b. Yesus adalah Anak Allah (10:31-39)

Hagelberg: Yoh 10:31 - -- 10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 m...

10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.

Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 mereka "mengambil batu untuk melempari Dia". Dalam ketiga peristiwa itu mereka hendak membunuh Dia karena Dia mengklaim kesatuan dengan Allah. Mereka mau menuruti Imamat 24:16, yang berkata, "Siapa yang menghujat nama TUHAN, pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu...." Peraturan yang ada dalam Perjanjian Lama menuntut proses hukum, tetapi pemerintah Roma tidak mengijinkan pemimpin agama Yahudi untuk menjalankan hukuman mati (pasal 18:31). Oleh karena proses hukum yang sah tidak dapat berjalan, mereka mau melontari Dia dengan batu segera.

Hagelberg: Yoh 10:32 - -- 10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang m...

10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?"

Dalam pasal 8:59 kita membaca bahwa "Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah", tetapi dalam peristiwa ini Dia tidak segera menghilang. Dia menantang mereka, supaya mereka memikirkannya lagi.

Tantangan yang Dia lemparkan kepada mereka terkait dengan perkerjaan-Nya. Tanda-tanda yang Dia perlihatkan adalah baik dan berasal dari Bapa-Nya. Dia berharap mereka akan memikirkan kontradiksi: apa mungkin orang menghujat Allah dan melakukan mukjizat seperti menyembuhkan mata orang yang buta sejak lahir?

Hagelberg: Yoh 10:32 - -- 10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang m...

10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?"

Dalam pasal 8:59 kita membaca bahwa "Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah", tetapi dalam peristiwa ini Dia tidak segera menghilang. Dia menantang mereka, supaya mereka memikirkannya lagi.

Tantangan yang Dia lemparkan kepada mereka terkait dengan perkerjaan-Nya. Tanda-tanda yang Dia perlihatkan adalah baik dan berasal dari Bapa-Nya. Dia berharap mereka akan memikirkan kontradiksi: apa mungkin orang menghujat Allah dan melakukan mukjizat seperti menyembuhkan mata orang yang buta sejak lahir?

Hagelberg: Yoh 10:33 - -- 10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan kar...

10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan824 diri-Mu dengan Allah."

Mereka tidak siap berpikir. Mereka tidak mau merenungkan perbuatan. Mereka mau bertindak karena perkataan-Nya. Mereka berkata bahwa Dia, yang adalah manusia, menjadikan diri-Nya Allah, sedangkan yang benar adalah bahwa Dia, yang adalah Allah, menjadikan diri-Nya manusia!

Hagelberg: Yoh 10:33 - -- 10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan kar...

10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan824 diri-Mu dengan Allah."

Mereka tidak siap berpikir. Mereka tidak mau merenungkan perbuatan. Mereka mau bertindak karena perkataan-Nya. Mereka berkata bahwa Dia, yang adalah manusia, menjadikan diri-Nya Allah, sedangkan yang benar adalah bahwa Dia, yang adalah Allah, menjadikan diri-Nya manusia!

Hagelberg: Yoh 10:34 - -- 10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?' Tanggapan-Nya mengarah...

10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'

Tanggapan-Nya mengarahkan mereka pada Mazmur 82. Dalam Mazmur 82 TUHAN Allah menegur para pemimpin umat Israel, karena walaupun mereka diberikan jabatan yang mulia, mereka tidak adil. Sebagai hakim-hakim Israel, mereka dapat disebut "allah", dan "anak-anak Yang Mahatinggi". Sebutan tersebut layak karena jabatan yang mulia yang mereka miliki. Mengadili adalah pekerjaan Allah, sehingga mereka dipercayai untuk melakukan suatu pekerjaan ilahi (Ulangan 1:17). Namun mereka manusia biasa, dan mereka harus dihukum. Mereka akan tewas.

Hagelberg: Yoh 10:34 - -- 10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?' Tanggapan-Nya mengarah...

10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'

Tanggapan-Nya mengarahkan mereka pada Mazmur 82. Dalam Mazmur 82 TUHAN Allah menegur para pemimpin umat Israel, karena walaupun mereka diberikan jabatan yang mulia, mereka tidak adil. Sebagai hakim-hakim Israel, mereka dapat disebut "allah", dan "anak-anak Yang Mahatinggi". Sebutan tersebut layak karena jabatan yang mulia yang mereka miliki. Mengadili adalah pekerjaan Allah, sehingga mereka dipercayai untuk melakukan suatu pekerjaan ilahi (Ulangan 1:17). Namun mereka manusia biasa, dan mereka harus dihukum. Mereka akan tewas.

Hagelberg: Yoh 10:35-36 - -- 10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepad...

10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: 'Engkau menghujat Allah!' Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Jika hakim-hakim yang tidak adil disebut allah, jelaslah Dia yang mengadakan mukjizat-mukjizat yang baik boleh disebutkan Anak Allah.

Tuhan Yesus memakai argumentasi tersebut bukan untuk membuktikan bahwa Dia boleh menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah, tetapi hanya supaya mereka mengambil waktu untuk memikirkan logika mereka, suatu logika yang sangat lemah.

Hagelberg: Yoh 10:35-36 - -- 10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepad...

10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: 'Engkau menghujat Allah!' Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Jika hakim-hakim yang tidak adil disebut allah, jelaslah Dia yang mengadakan mukjizat-mukjizat yang baik boleh disebutkan Anak Allah.

Tuhan Yesus memakai argumentasi tersebut bukan untuk membuktikan bahwa Dia boleh menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah, tetapi hanya supaya mereka mengambil waktu untuk memikirkan logika mereka, suatu logika yang sangat lemah.

Hagelberg: Yoh 10:37 - -- 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku, Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ...

10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,

Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ada, yaitu pekerjaan-pekerjaan yang baik yang telah Dia lakukan, maka Dia mengembalikan pokok pembicaraan pada tema pekerjaan-pekerjaan Bapa-Nya, seperti ayat 25.

Hagelberg: Yoh 10:37 - -- 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku, Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ...

10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,

Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ada, yaitu pekerjaan-pekerjaan yang baik yang telah Dia lakukan, maka Dia mengembalikan pokok pembicaraan pada tema pekerjaan-pekerjaan Bapa-Nya, seperti ayat 25.

Hagelberg: Yoh 10:38 - -- 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan ...

10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti,827 bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."

Sifat yang paling baik adalah percaya kepada Dia, dan yang paling buruk adalah menolak Dia. Mereka juga boleh percaya akan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dorongan percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu sangat mengesankan jika kita mengingat bahwa setelah nas ini Dia membangkitkan Lazarus dari kuburannya.

Iman pada mukjizat-Nya membawa pengetahuan mengenai kesatuan antara Allah Bapa dan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 10:38 - -- 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan ...

10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti,827 bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."

Sifat yang paling baik adalah percaya kepada Dia, dan yang paling buruk adalah menolak Dia. Mereka juga boleh percaya akan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dorongan percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu sangat mengesankan jika kita mengingat bahwa setelah nas ini Dia membangkitkan Lazarus dari kuburannya.

Iman pada mukjizat-Nya membawa pengetahuan mengenai kesatuan antara Allah Bapa dan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 10:39 - -- 10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka. Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuh...

10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.

Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, dan mereka segera berusaha untuk membunuh Dia. Demikian juga dalam ayat ini. Dengan keras kepala mereka tidak rela percaya kepada Dia.

Oleh karena itu, Dia pergi. Mereka belum dapat membunuh Dia, karena "waktu-Nya belum tiba". Setelah peristiwa ini, Injil Yohanes hanya menceritakan beberapa kata (pasal 12:23-36 dan 44-50) yang dikatakan oleh Tuhan Yesus kepada orang banyak. Selain membangkitkan Lazarus, usaha Tuhan Yesus untuk memenangkan mereka telah selesai.

Hagelberg: Yoh 10:39 - -- 10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka. Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuh...

10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.

Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, dan mereka segera berusaha untuk membunuh Dia. Demikian juga dalam ayat ini. Dengan keras kepala mereka tidak rela percaya kepada Dia.

Oleh karena itu, Dia pergi. Mereka belum dapat membunuh Dia, karena "waktu-Nya belum tiba". Setelah peristiwa ini, Injil Yohanes hanya menceritakan beberapa kata (pasal 12:23-36 dan 44-50) yang dikatakan oleh Tuhan Yesus kepada orang banyak. Selain membangkitkan Lazarus, usaha Tuhan Yesus untuk memenangkan mereka telah selesai.

Hagelberg: Yoh 10:40 - -- 10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ. Dia mundur, bukan karena Dia takut...

10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ.

Dia mundur, bukan karena Dia takut. Kebenaran ini dibuktikan oleh sikap-Nya dalam pasal 11:7-10. Dia mundur ke seberang Yordan karena di Yerusalem Dia tidak dapat memenangkan orang di depan perlawanan yang semakin keras (bandingkan pasal 4:3; 5:18; 6:15; 7:30; 8:37, 59; 10:31; dan 11:54).

Hagelberg: Yoh 10:40-42 - -- 5. Penarikan geografis dan kemajuan pelayanan (10:40-42) Di Yerusalem, mereka mau membunuh Dia, sedangkan jauh dari Yerusalem, mereka percaya.

5. Penarikan geografis dan kemajuan pelayanan (10:40-42)

Di Yerusalem, mereka mau membunuh Dia, sedangkan jauh dari Yerusalem, mereka percaya.

Hagelberg: Yoh 10:40 - -- 10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ. Dia mundur, bukan karena Dia takut...

10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ.

Dia mundur, bukan karena Dia takut. Kebenaran ini dibuktikan oleh sikap-Nya dalam pasal 11:7-10. Dia mundur ke seberang Yordan karena di Yerusalem Dia tidak dapat memenangkan orang di depan perlawanan yang semakin keras (bandingkan pasal 4:3; 5:18; 6:15; 7:30; 8:37, 59; 10:31; dan 11:54).

Hagelberg: Yoh 10:41 - -- 10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang ...

10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar."

Perlawanan tersebut tidak berarti pelayanan-Nya harus berhenti. Orang-orang yang hatinya masih terbuka terhadap Dia dapat datang ke seberang Yordan. Di situ mereka mengingat pelayanan dan perkataan Yohanes Pembaptis, dan mereka mengaminkan kesaksiannya. Sikap mereka terhadap Yohanes Pembaptis mencerminkan sikap Yohanes Pembaptis terhadap dirinya.

Hagelberg: Yoh 10:41 - -- 10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang ...

10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar."

Perlawanan tersebut tidak berarti pelayanan-Nya harus berhenti. Orang-orang yang hatinya masih terbuka terhadap Dia dapat datang ke seberang Yordan. Di situ mereka mengingat pelayanan dan perkataan Yohanes Pembaptis, dan mereka mengaminkan kesaksiannya. Sikap mereka terhadap Yohanes Pembaptis mencerminkan sikap Yohanes Pembaptis terhadap dirinya.

Hagelberg: Yoh 10:42 - -- 10:42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya. Di luar Yerusalem Dia berhasil, dan mereka percaya kepada-Nya.

10:42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

Di luar Yerusalem Dia berhasil, dan mereka percaya kepada-Nya.

Hagelberg: Yoh 10:42 - -- 10:42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya. Di luar Yerusalem Dia berhasil, dan mereka percaya kepada-Nya.

10:42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

Di luar Yerusalem Dia berhasil, dan mereka percaya kepada-Nya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 10:22-38 - Perdebatan Kristus dengan Orang-orang Yahudi Perdebatan Kristus dengan Orang-orang Yahudi (10:22-38) Di sini diceritakan mengenai perselisihan lain yang terjadi antara Kristus dan orang-orang ...

Matthew Henry: Yoh 10:39-42 - Kristus Menyepi ke Seberang Sungai Yordan Kristus Menyepi ke Seberang Sungai Yordan (10:39-42) Di sini kita mendapati perkara perdebatan dengan orang-orang Yahudi tadi. Orang pasti menyangk...

SH: Yoh 10:19-42 - Tergolong domba sang Gembala baikkah? (Jumat, 1 Maret 2002) Tergolong domba sang Gembala baikkah? Bagian ini sangat penting dalam catatan Yohanes tentang pelayanan Yesus. Bagian ini mencatat bagaimana Yes...

SH: Yoh 10:22-42 - Kebenaran: tak berubah dan tak dapat diubah (Kamis, 28 Januari 1999) Kebenaran: tak berubah dan tak dapat diubah Terang-terangan orang-orang Yahudi mempertanyakan apakah benar Yesus adalah Mesias yang ditunggu-tun...

SH: Yoh 10:22-30 - Menjadi domba-domba Allah (Senin, 20 Februari 2006) Menjadi domba-domba Allah Bagian ini adalah ucapan pengajaran Yesus terakhir di depan publik sebelum Ia masuk ke Yerusalem. Ini terjadi pada h...

SH: Yoh 10:22-42 - Aku dan Bapa adalah satu (Rabu, 20 Februari 2008) Aku dan Bapa adalah satu Pernyataan "Aku dan Bapa adalah satu" (ayat 30) mempertegas hubungan Yesus dengan Bapa-Nya sekaligus membuat orang-oran...

SH: Yoh 10:22-42 - Mesias, Anak Allah (Rabu, 29 Januari 2014) Mesias, Anak Allah Melihat dan mengalami mukjizat ternyata tidak dapat menjadi dasar bagi orang untuk percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Ini terlihat ...

SH: Yoh 10:22-39 - Percaya Tanpa Tanda (Sabtu, 6 Maret 2021) Percaya Tanpa Tanda Meyakinkan orang yang tidak percaya itu tidak mudah. Sekalipun apa yang kita katakan adalah kebenaran, kalau seseorang sudah meng...

SH: Yoh 10:31-42 - Bukti keilahian Kristus (Selasa, 21 Februari 2006) Bukti keilahian Kristus Pernyataan terus terang Tuhan Yesus bahwa Dia dan Allah Bapa adalah satu (Yoh. 10:30) membuat orang-orang Yahudi beran...

SH: Yoh 10:40-42 - Berbuah pada Waktunya (Minggu, 7 Maret 2021) Berbuah pada Waktunya Adakah orang yang tak berharap akan buah atau hasil jerih payah yang telah diperjuangkan? Setiap orang yang berjerih lelah suda...

Utley: Yoh 10:22-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 10:22-3022 Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin. 23 Dan Yesus...

Utley: Yoh 10:31-39 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 10:31-3931 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. 32 Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerj...

Utley: Yoh 10:40-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 10:40-4240 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu, lalu Ia tinggal di situ. 41 Da...

Topik Teologia: Yoh 10:29 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan ...

Topik Teologia: Yoh 10:30 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Dapat Dikenal Allah Dikenal Melalui Berbagai Cara Allah Dikenal Melalui Karya-...

Topik Teologia: Yoh 10:32 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Pengesahan Mujizat-mujizat ...

Topik Teologia: Yoh 10:36 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Anak Allah Yes 9:5 Mat 4:3 Mat 8:29 Luk 1:35 Yoh 1:34 Yoh 1:49 Yoh 5:18 Yoh 10:36 Yoh 15:10...

Topik Teologia: Yoh 10:37 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Alla...

TFTWMS: Yoh 10:22-30 - Mereka Mengelilingi Dia MEREKA MENGELILINGI DIA (Yohanes 10:22-30) Ketika Yesus berjalan di suatu tempat di dalam bait suci yang disebut Serambi Salomo, "maka orang-ora...

TFTWMS: Yoh 10:31-38 - Mereka Mengambil Batu MEREKA MENGAMBIL BATU (Yohanes 10:31-38) Pengakuan Yesus bahwa Ia dan Bapa adalah satu merupakan sesuatu yang lebih daripada yang dapat diterima oleh...

TFTWMS: Yoh 10:39-42 - Sekali Lagi Mereka Mencoba Menangkap Dia SEKALI LAGI MEREKA MENCOBA MENANGKAP DIA (Yohanes 10:39-42) Lawan-lawan Yesus mencoba untuk menangkap Dia, namun Ia meloloskan diri dan menjadi "...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang Injil Yohanes adalah unik di antara keem...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18) I. Memperkenalkan Kristus kepada Israel (Yoh 1:19-51) A. Oleh Yohan...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Yako...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yohanes Kata Penutup pertama, Yoh 20:31, menyatakan termasuk jenis sastra Injil Yo...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat lisan (tradisi) jang sangat pa...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang begitu dangkal sehingga seorang anak dapat main di dalam...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18) II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42) A. Pengantar pada Pelayanan Y...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with Commentary and Notes on the Greek Text, The W...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "AKU DAN BAPA ADALAH SATU" (Yohanes 10:22-42) Selama hidupnya yang singkat namun spektakular, Aleksander Yang Agung telah menaklukkan sebag...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 10:22-42) Keseluruhan kisah ini terjadi selama Hari Raya Pentahbisan bait suci. Ironisnya, ketika Yesus muncul dalam pesta yang m...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 1 Macc. 1:21. Dua kitab apokripha Maccabees ditulis sekitar 100 S. M., berisi pelbagai cerita tentang pelbagai peristiwa sejarah y...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang ab

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES

PENGANTAR

Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang abadi yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Seperti yang dikatakan dalam buku ini, Kabar Baik ini ditulis dengan maksud supaya para pembacanya dapat percaya bahwa Yesuslah Raja Penyelamat yang dijanjikan -- Ia Anak Allah sendiri. Juga supaya melalui percaya kepada-Nya mereka memperoleh hidup (Yoh 20:31).

Setelah pendahuluan yang mengemukakan bahwa Sabda Allah yang abadi itu adalah Yesus, bagian pertama buku ini mengisahkan berbagai keajaiban yang dibuat oleh-Nya. Keajaiban-keajaiban itu menunjukkan bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan, Ia Anak Allah. Masing-masing kisah mengenai keajaiban disertai oleh percakapan-percakapan antara Tuhan Yesus dengan orang-orang. Dari percakapan-percakapan itu jelaslah apa yang diungkapkan oleh keajaiban-keajaiban itu. Di dalam bagian ini dikemukakan bahwa ada orang yang percaya kepada Yesus dan menjadi pengikut-Nya, tetapi ada pula yang menentang Dia dan tidak mau percaya kepada-Nya. Pasal 13-17 (Yoh 13:1-17:26) mencatat secara panjang lebar bagaimana akrabnya Yesus dengan pengikut-pengikut-Nya pada malam ketika Ia hendak ditangkap, dan bagaimana Ia mempersiapkan serta menguatkan hati mereka pada malam itu. Pasal-pasal terakhir menguraikan tentang bagaimana Yesus ditangkap dan diadili, bagaimana Ia disalibkan, mati dan bangkit kembali, dan bagaimana Ia memperlihatkan diri-Nya kepada para pengikut-Nya setelah Ia hidup kembali.

Cerita tentang wanita yang tertangkap basah sedang berbuat zinah (\\/BIS Yoh

  1. 8:1-11\\), dimasukkan antara tanda kurung besar karena banyak naskah dan

terjemahan-terjemahan zaman dahulu tidak memuat cerita itu, sedangkan yang lain-lainnya memuatnya di berbagai tempat.

Dalam bukunya ini Yohanes menitikberatkan pemberian, yaitu hidup sejati dan kekal, yang diberikan Allah melalui Kristus. Pemberian itu sudah mulai di dunia, dan dapat dialami oleh orang-orang yang menerima Yesus sebagai jalan kepada Allah, sebagai yang menyatakan Allah, dan sebagai pemberi hidup. Ciri khas Yohanes ialah kiasan-kiasan yang diambilnya dari hal-hal sehari-hari untuk menunjukkan kebenaran-kebenaran rohani, misalnya: air, roti, terang, gembala dan dombanya, pohon anggur dan buahnya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yoh 1:1-18
  2.  Yohanes Pembaptis dan orang-orang yang pertama-tama menjadi pengikut
    Yesus
    Yoh 1:19-51
  3.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat
    Yoh 2:1-12:50
  4.  Hari-hari terakhir di Yerusalem dan dekat Yerusalem
    Yoh 13:1-19:42
  5.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Yoh 20:1-31
  6.  Penutup: suatu penampakan diri lagi di Galilea
    Yoh 21:1-25

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia.

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia. Dengan demikian diharapkan agar iman mereka semakin dikuatkan dalam mengikuti Yesus, sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Yohanes.

Tahun : Sekitar tahun 91 sesudah Masehi.

Penerima : Setiap orang percaya.

Isi Kitab: Kitab Injil Yohanes ini terdiri atas 21 pasal. Di dalam Kitab ini Tuhan Yesus disaksikan sebagai Firman yang menjadi manusia, Anak Allah. Karena itu, Injil Yohanes ini langsung menantang setiap pembaca untuk segera mengambil keputusan sendiri, yakni _percaya_ kepada Tuhan Yesus untuk mendapat keselamatan, tetapi jika _menolak_ Tuhan Yesus pasti akan mendapat kebinasaan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Yohanes

Untuk mengerti keseluruhan Kitab ini, perlu dimengerti tiga kata penting berikut ini.

  1. Tanda Pengajaran tentang "tanda-tanda" ajaib yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia

    Dalam Injil Yohanes, ada tujuh tanda penting yang dibuat oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 2:1-11. Mujizat air diubah menjadi anggur.
    2. Bacalah pasal Yoh 4:46-54. Tanda mujizat kedua, Tuhan Yesus menyembuhkan ana pegawai yang sakit.
    3. Bacalah pasal Yoh 5:1-47. Tanda mujizat ketiga, Tuhan Yesus menyembuhkan oran sakit di Bethesda.
    4. Bacalah pasal Yoh 6:1-14. Mujizat keempat, Tuhan Yesus memberikan makanan kepad 5010 orang dengan lima potong roti kecil dan dua ekor ikan.
    5. Bacalah pasal Yoh 6:15-21. Tuhan Yesus berjalan di atas air. Ini menunjukkan bahw Ia berkuasa atas alam raya.
    6. Bacalah pasal Yoh 9:1-14. Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta.
    7. Bacalah pasal Yoh 11:1-57. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian.

Kesemua tanda ajaib ini hanya bisa dilakukan oleh Allah, karena itu tanda-tanda tersebut membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Jadi jika seorang menolak Tuhan Yesus, itu berarti ia menolak Allah. Demikian juga, jika seseorang menerima Tuhan Yesus, ia menjadi anggota keluarga Allah (bacaan Yoh 1:12).

  1. Percaya Pengajaran tentang "percaya" kepada pengakuan Tuhan Yesus tentang dirinya sendiri

    Pada dasarnya berita yang dibawa oleh Tuhan Yesus ialah berita tentang diri-Nya sendiri. Dalam Injil Yohanes ini, Tuhan Yesus memberikan tujuh perumpamaan tentang diri-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 6:53,41,48; 14:6. Dalam nats-nats ini Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya adalah sumber kehidupan. Ini berarti seseorang hanya dapat memiliki hidup yang kekal dan berarti kalau ia datang kepada Tuhan Yesus.
    2. Bacalah pasal Yoh 8:12. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Terang Dunia. Ini berarti Tuhan Yesus sajalah yang dapat memberikan penerangan dalam kehidupan manusia yang berdosa.
    3. Bacalah pasal Yoh 10:7,9. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pintu. Ini berarti hanya melalui Tuhan Yesus sajalah seseorang dapat memasuki Sorga.
    4. Bacalah pasal Yoh 10:11,14. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Gembala. Ini berarti bahwa Tuhan Yesus sajalah yang dapat memelihara dan menjaga kehidupan seseorang.
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Kebangkitan. Ini berarti di dalam diri-Nya tidak ada kematian, atau seseorang yang tidak menginginkan kematian, hanya dapat memperolehnya di dalam Tuhan Yesus.
    6. Bacalah pasal Yoh 14:6. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Ini berarti seseorang yang ingin beribadah kepada Allah, hanya dapat memperoleh kalau orang itu pergi dan datang kepada Tuhan Yesus saja.
    7. Bacalah pasal Yoh 15:1-8. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pokok Anggur yang benar. Ini berarti seseorang (orang percaya) dapat memberikan perbuatan dan kehidupan yang benar di hadapan Allah kalau ia tetap hidup dengan menggantungkan diri kepada Tuhan Yesus.
  2. Hidup Pengajaran tentang "hidup" bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus

    Memilih Tuhan Yesus Kristus dan dimiliki oleh-Nya, berarti memiliki Allah dan hidup yang benar.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 1:14. Dimanakah hidup ini berada?
    2. Bacalah pasal Yoh 3:36. Apakah yang didapat orang yang percaya? Dan apakah yang didapat orang yang tidak percaya?
    3. Bacalah pasal Yoh 5:24. Kemanakah orang yang percaya berpindah?
    4. Bacalah pasal Yoh 6:40. Apa yang menjadi kehendak Allah?
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25-26. Apakah akibatnya percaya kepada Tuhan Yesus?

II. Penutup

Apakah TANDA-TANDA mujizat yang dibuat oleh Tuhan Yesus, dan pengakuan tentang diri-Nya, telah membuat saudara PERCAYA, bahwa Yesuslah Mesias (juruselamat) supaya oleh imanmu (percayamu) kamu beroleh HIDUP di dalam-Nya (Yohanes 20:30-31). Kalau belum, janganlah ditunda lagi, sekarang adalah waktu yang terbaik bagi anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Yohanes?
  2. Mujizat apakah yang pertama kali dilakukan oleh Tuhan Yesus?
  3. Berapakah pengakuan yang dinyatakan Tuhan Yesus tentang diri-Nya?
  4. Sudahkah saudara mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah yang member kehidupan dan memelihara hidup saudara?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Inji Yohanes?

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan

Firman Allah terakhir kepada manusia

INJIL YANG BERBEDA.
Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan dengan Injil-injil yang lain, cara penuturan yang panjang lebar tentang apa yang dikatakan Yesus membuat sebagian orang merasa bahwa Yohanes tidak teliti. Sampai beberapa waktu yang lalu banyak ahli percaya bahwa Injil Yohanes adalah yang paling akhir (sekitar tahun 100 M.) yang paling tidak bersifat Yahudi dan bahwa ia menggunakan acuan dari yang lain; ia juga bukan seorang saksi mata dan bahwa semua kata-kata yang ditulisnya bukan benar-benar perkataan Yesus. Dengan demikian, kita diwarisi sekumpulan pemikiran yang menarik tentang Yesus yang ditulis oleh seorang Kristen pada zaman Kekristenan yang mula-mula. Arkeologi telah mengubah pandangan tersebut. Banyak ahli sekarang mengatakan bahwa Yohanes tidak bergantung pada para penulis Injil lainnya, dan bahwa ia mengenal Palestina bagian selatan dengan baik pada masa Yesus, bahwa ia juga seorang saksi mata dan bahwa ia menulis Injilnya sangat awal atau paling tidak, seawal Injil lainnya.

INJIL YOHANES?
Kita tidak dapat menerka dari Injil itu sendiri siapa penulisnya, atau paling tidak siapa yang menyediakan semua bahan tulisan itu. Penulisnya ialah' murid yang dikasihi Yesus' (Yoh 21:20-24, lihat Yoh 13:23-25). Banyak orang dan gereja mula-mula yang mengatakan bahwa penulisnya adalah Yohanes, saudara Yakobus. Walaupun namanya jelas disebut dalam Injil-injil lain, tetapi tidak disebut dalam Injil ini. Lebih dari itu, boleh jadi ia mendapat tempat di sisi Yesus pada saat Perjamuan Malam. Dengan demikian, ia tentu dapat menyampaikan hal-hal yang sangat pribadi secara terperinci tentang bagaimana Yesus berbicara dan bekerja.

MENGAPA IA MENULIS INJIL ITU?
Ia sendiri mengatakan -'supaya kamu percaya bahwa Yesus itu Kristus' (Yoh 20:30, 31). Oleh karenanya, di sini kita tidak hanya mendapatkan suatu biografi, tetapi lebih mendapatkan semacam traktat Injil yang dipersiapkan dengan saksama. Ia menceritakan kepada kita bahwa ia mempunyai bukti-bukti yang dipilihnya secara khusus. Ia hanya memasukkan tujuh mukjizat Yesus, dan biasanya dilanjutkan dengan pembicaraan yang memberi kepada kita arti yang lebih dalam tentang apa yang dikerjakan Yesus. Yohanes mengetengahkan saksi mata-saksi mata satu persatu, dan pada akhirnya pembaca harus mengambil keputusan mengenai Yesus Kristus. Oleh karena inilah maka, walaupun ia mungkin pertama-tama menulis Injilnya untuk orang bukan Yahudi (ia menjelaskan banyak istilah dan adat istiadat Yahudi), semenjak itu Injil ini telah membawa banyak orang untuk percaya kepada Kristus.

TAMBAHAN PADA TAHAP AWAL.
Dalam Injil Yohanes kita membaca salah satu kisah mengenai belas kasihan Yesus kepada seorang pendosa yang paling sering diceritakan, yaitu seorang wanita yang ditangkap karena berzinah (Yoh 7:53-8:11). Anehnya, bagian kisah tadi tidak merupakan bagian dari naskah-naskah tertua dan tidak selalu muncul pada waktu itu. Namun, banyak orang setuju bahwa kisah ini merupakan kejadian yang sungguh terjadi dalam kehidupan Yesus yang diingat, ditulis dan ditambahkan pada Injil Yohanes pada tahun-tahun pertama sesudah penulisan.

Pesan

1. Bukti
Menjadi saksi mata di persidangan merupakan tema kunci dalam Injil Yohanes.
Terdapat sejumlah kesaksian dari para saksi mata yang diketengahkan untuk
membuktikan kasus mengenai Yesus adalah Kristus dan Anak Allah.
o Perjanjian Lama: Yoh 1:45; 5:39, 46-47; 8:56, lihat Yoh 3:14; 6:32-35
o Yohanes Pembaptis: Yoh 1:6-8, 15, 19-36; 3:25-30; 5:33-36, lihat Yoh 10:40-42
o Orang banyak: Yoh 4:29, 39; 9:13-33, 38;11:27; 12:9, 17
o Para rasul: Yoh 1:41-46, 49; 15:27; 17:20; 20:24-25, 28, lihat Yoh 1:14; 19:35; 20:30-31; 21:24
o Allah Bapa: Yoh 5:31-32, 37; 8:18, 50, 54; 12:27-28
o Roh Kudus: Yoh 14:26; 15:26; 16:12-15
o Pekerjaan Yesus: Yoh 2:11, 23; 5:36; 9:3, 31-33; 10:25, 37-38; 11:4, 42, 45; 14:11; 20:30-31
o Yesus sendiri, kata-kata dan pernyataan Nya: Yoh 3:11, 32; 8:13-14, 38; 6:35, 48, 51; 8:12; 9:5; 10:7, 10, 14; 11:25; 14:6; 15:1, lihat Yoh 8:58 (Kel 3:14). Lihat
tema-tema kunci.

2. Keputusan.
o Mereka yang menolak Dia: Yoh 1:10-11; 3:11; 4:48; 5:43; 6:36, 64, 66; 12:37, 47-48; 15:19, 24.
Dan alasannya: Yoh 3:19-21; 5:44; 6:37, 44, 65; 8:43-47; 9:39-41; 12:37-43; 18:37.
o Mereka yang menanggapi Dia:
- Dengan melihat dan mendengarkan Dia Yoh 1:14; 6:40, 45; 10:3, 16, 27; 12:45, 47; 14:9; 18:37
- Dengan mempercayai Dia Yoh 1:7, 12; 2:11, 22; 3:16, 18; 5:24; 6:29, 47; 8:24; 9: 35-38; 11:25-27, 40; 13:19; 14:1, 11;16:27, 30; 17:8; 20:8, 29, 31
- Dengan datang untuk mengenal Dia Yoh 6:69; 7:17; 8:19; 10:14; 14;7, 9; 17:3, 25
yang berarti hidup di dalam terang Yoh 1:4- 5, 9; 3:19-21; 8:12; 9:39; 11:9; 12:35-36, 46
dan mempelajari kebenaran Yoh 1:14, 17; 4:23-24; 8:32; 14:6; 17:17; 18:37
- Dengan mengasihi Kristus dan sesama Yoh 13:34-35; 14:15, 21-24; 15:9-10, 12; 21:15-17
yang berarti tinggal di dalam Dia Yoh 15:1-10

Penerapan

1. Kristus adalah Firman Allah yang terakhir kepada umat manusia.
Ia menunjukkan kepada kita:
o kebenaran Allah
o kemuliaan Allah
o kasih Allah
dengan kehidupan dan kematian-Nya. Dia adalah jalan satu-satunya untuk kembali
kepada Allah.

2. Tidak bisa tidak kita harus berespons terhadap Dia.
Buktinya adalah nyata:
o Jika kita menolak Dia, hal itu bukan disebabkan karena kita tidak dapat
percaya kepada-Nya - tetapi karena kita tidak mau!
o Jika kita menerima Dia, itu berarti penyerahan sepenuh hati dan ketaatan.

3. Kehidupan kekal dimulai di sIni dan kini. Melalui Roh Kudus Yesus menawarkan
kepada kita:

o kepuasan
o kemerdekaan dari Setan dan dosa
o kemampuan baru
o doa-doa yang dijawab
o sukacita sejati
Apa yang dimulai-Nya sekarang akan disempurnakan-Nya pada waktu Ia datang
kembali.

4. Anda harus menyaksikan iman Anda kepada orang lain.
Walaupun dunia akan membenci Anda seperti dunia telah membenci Yesus, Anda juga
harus menjadi seorang saksi dengan pertolongan Roh Kudus.

Tema-tema Kunci

1. Yesus dan Bapa.
Injil Yohanes penuh dengan hal-hal yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ia terlibat dalam penciptaan, Ia datang ke dalam dunia ini dan ketika Ia naik ke surga, Ia kembali kepada kemuliaan yang adalah hakNya. Gambarkanlah arti semua ini bagi Anda sendiri: Yoh 1:1-18; 3:13, 31, 35; 5:17-23, 26-27, 30; 6:38, 46, 57; 7:16-17, 29; 8:28-29, 38, 42; 10: 15, 29-30, 38; 11:41-42; 12:44-45, 49-50; 13:3, 31-32; 14:7-11, 20, 28, 31; 15:23-24; 16:15, 28, 32; 17:1-2, 4-5, 10-11, 21-23; 20:17.

2. Kematian Kristus bagi orang berdosa.
Lebih daripada yang diceritakan dalam Injil-injil lain, Yohanes memberitahukan kepada kita mengapa Yesus harus mati dan mengenai kasih yang mendorong-Nya untuk rela melakukan itu. Lihat Yoh 1:29, 36; 2:19-22; 3:14-17; 6:51, 53-56; 8:28; 10:11, 15, 18; 11:50-52; 12:24, 27, 32-34; 15:13.

3. Roh Kudus.
o Terdapat lebih banyak uraian mengenai Roh Kudus dalam Injil ini dibandingkan dengan Injil-injil lain. Roh Kudus digambarkan sebagai Pribadi yang akan menggantikan Yesus apabila Ia pergi kepada Bapa. Yoh 1:32-33; 3:5-6, 8, 34; 4:23-24; 6:63; 7:37-39, lihat Yoh 4:13-14; 14:16-17, 25-26; 15:26; 16:7-15; 20:22.

4. Kehidupan kekal.
Inilah yang digambarkan oleh Matius, Markus dan Lukas sebagai Kerajaan Allah. Kehidupan kekal ini dihubungkan dengan kelahiran baru atau kelahiran untuk yang kedua kalinya. Lihat Yoh 1:4, 12-13; 3:3-7, 16, 36; 4:14, 36; 5:21, 24-29; 6:27, 40, 47, 54, 57-58, 68; 10:28; 11:25; 12:25, 50; 17:2-3.

5. Jadwal Allah.
Yohanes memberikan kepada kita gambaran tentang Yesus yang mengendalikan segala sesuatu dari awal sampai akhir. Yesus tahu bahwa Ia sedang mengerjakan suatu rencana induk, oleh karenanya tidak ada sesuatu apa pun, bahkan tidak juga kematian-Nya yang mengejutkan Dia. Pelajarilah ayat-ayat berikut: Yoh 2:4; 7:6-8; 12:23; 13:1; 18:4.

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51 Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia Yoh 1:19-34Anak Domba Allah Yoh 1:35-51Kristus [

[1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51

Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan
Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia
Yoh 1:19-34Anak Domba Allah
Yoh 1:35-51Kristus

[2] UTARA DAN SELATAN Yoh 2:1-4:54

Yoh 2:1-12Sekilas pandangan pertama tentang kemuliaan
Yoh 2:13-25Tuhan atas Bait Allah
Yoh 3:1-21Nikodemus menemui Yesus pada malam hari
Yoh 3:22-36Seorang dari atas
Yoh 4:1-42Mesias dan orang yang tersingkir
Yoh 4:43-54Tanda kedua

[3] SEORANG LUMPUH DI HARI SABAT Yoh 5:1-47

[4] LIMA RIBU ORANG DIBERI MAKAN Yoh 6:1-71

[5] PADA PERAYAAN HARI RAYA PONDOK DAUN Yoh 7:1- 9:41

Yoh 7:1-52Air hidup
Yoh 7:53-8:11Perempuan yang berzinah ditangkap
Yoh 8:12-59Terang dunia
Yoh 9:1-41Pemberi penglihatan

[6] GEMBALA YANG BAIK Yoh 10:1-42

[7] PEMULIH KEHIDUPAN Yoh 11:1-57

[8] PASKAH TERAKHIR Yoh 12:1-50

Yoh 12:12-19 Raja masuk ke Yerusalem
Yoh 12:1-11Kasih Maria
Yoh 12:20-36Biji gandum
Yoh 12:37-50Kesimpulan

[9] DI RUANG ATAS Yoh 13:1-30

Yoh 13:1-20Yesus, hamba
Yoh 13:21-30Yudas, pengkhianat

[10] SIAP UNTUK PERGI Yoh 13:31-16:33

Yoh 13:31-14:14Waktu untuk meninggalkan
Yoh 14:15-31Roh Kudus dijanjikan
Yoh 15:1-17Pokok Anggur yang benar
Yoh 15:18-16:11Kesukaran di dalam dunia
Yoh 16:12-33Janji dan kebingungan

[11] YESUS BERDOA BAGI MILIK-NYA Yoh 17:1-26

Yoh 17:1-19Murid-murid-Nya
Yoh 17:20-26Gereja yang akan datang

[12] PENANGKAPAN, PENGADILAN, PENYALIBAN Yoh 18:1-19:42

Yoh 18:1-11Kekacauan di taman Getsemani
Yoh 18:12-27Menyaksikan sendiri
Yoh 18:28-19:16Gubernur dan Raja
Yoh 19:17-42Mati dan dikuburkan

[13] KEBANGKITAN Yoh 20:1-21:25

Yoh 20:1-18Maria berada di kubur Yesus
Yoh 20:19-23Minggu malam
Yoh 20:24-31'Tuhanku dan Allahku!'
Yoh 21:1-14Ikan untuk sarapan
Yoh 21:15-25Gembalakanlah domba-domba-Ku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.67 detik
dipersembahkan oleh YLSA